[REVIEW BUKU] 17.17 By Sheva




Judul buku: 17.17

Penulis: Sheva

Penerbit: Grasindo

ISBN: 978-602-375-377-2

Cetakan 1:  Maret 2016

Tebal: 192 halaman
MyRate: 3/5 



BLURB

Aku senang melihat angka-angka berdampingan dengan selaras, ketika ada banyak probabilitas yang bisa menunjukkan angka yang berbeda. Pada akhirnya, ada angka yang sama bertumpu pada satu titik. Sebelas dengan sebelas. Nol dengan nol. Tujuh belas dengan tujuh belas.

Raka dan Sara bertemu pada hari yang serba ganjil. Pada hari ketiga dalam suatu minggu di sebuah ruang tunggu wawancara. Di antara hujan deras serta lampu padam, menambah kenahasan hari keduanya yang gagal mendapat kerja.

Rupanya benar apa kata orang: bahwa jawaban ditemukan pada proses perjalanan. Raka dan Sara menemukan sesuatu yang menggenapkan hari mereka yang ganjil, di sela-sela musik, canda tawa, dan riuhnya Ibu Kota. Keduanya menikmati Jakarta yang sibuk. Menyusuri tiap jalan seolah waktu berjalan begitu lamban. Raka dan Sara mengobrolkan apa saja, sepanjang itu menahan kebersamaan mereka.

Akan tetapi, malam tidak pernah datang terlambat. Hari akan segera usai. Dan, di atas segala ketidakpastian yang ada di muka bumi, akankah keduanya bertemu kembali suatu hari nanti?
And My Review
"Jangan cepat menyerah. Ingat, rendang dimasak paling lama, tapi rendang jadi makanan paling dicari dibandingkan ikan goreng. Semua punya pesona sendiri, jangan cepat-cepat menyerah sebelum kita membuktikan diri." hal. 10
Semua bermula dari tes wawancara. Dua orang asing bertemu yang tinggal berjauhan. Menghadapi dunia pekerjaan yang memang tidak mudah. Dimulai dari banyaknya tes termasuk psikotes dan ketatnya persaingan.
Sara ingin sekali membahagian ibunya yang single parent. Dengan motivasinya yang tinggi, Sara berusaha percaya diri. Berbeda dengan Raka, pria ini seperti tidak memiliki tujuan hidup. Raka hanya menyukai drum dan pernah bergelut di bidang ini, namun kemajuan yang dirasa lambat dan tidak ingin membebani kakaknya, Raka berusaha mencari kerja di tempat di mana sara akan melakukan tes wawancara.
"Kadang selain kesempatan, kita juga butuh keberuntungan. Dan kadang, keberuntungan nggak datang hanya dari diri sendiri. Tapi, juga datang dari orang lain." Hal. 114
Sebagai mahasiswa tingkat akhir, aku begitu menikmati atmosfer kisah di novel ini. Pada kenyataannya, apa yang terdapat dalam kisah Raka dan Sara memang lekat dengan kehidupan sehari-hari, apalagi menyangkut dunia kerja setelah wisuda. 
Faktanya, nggak semudah itu mendapatkan pekerjaan. Setelah menjadi alumni, kita akan disibukkan dengan lamaran-lamaran pekerjaan. Melalui tahapan-tahapan itu, secara tidak sengaja Sara bertemu dengan Raka. 
Apa tidak terlihat aneh, jika sesaat sebelum melakukan tes, seseorang meninggalkan ruangan tes? Begitupun Sara. Itulah yang membuat Raka penasaran. Di sisi lain, aku menyukai karakter Sara yang tidak mudah percaya kepada oranglain, termasuk Raka.
Melalui buku ini, aku menebak penulis cukup realistis. Pertemuan-pertemuan antara Raka dan Sara sangat masuk akal. Kedua tokoh meskipun berbeda karakter, memiliki chemistry tersendiri. Apalagi ada beberapa kesamaan yang dimiliki Sara dan Raka, dan ini yang membuatku menyukai kedua tokoh ini.
Tak ada konflik yng rumit di kisah ini, sangat pas untuk bacaan santai readers di rumah. Lagi, sudut pandang berganti antara tokoh Sara dan Raka cukup menarik perhatianku. Dengan sudut pandang ini, aku bisa tahu pikiran masing-maisng kedua tokoh. 
Buku 17.17 merupakan karya Sheva yang pertama kubaca. Kabarnya, ada karya Sheva sebelumnya, Blue Romance. Ah setelah baca buku ini, aku jadi penasaran baca buku Sheva yang lain. 
Jejak yang ditinggalkan buku ini adalah sebuah pertanyaan tentang passion, mimpi dan realita. Cukup berat rasanya, mengingat kisah ini tak jauh dari kehidupan mahasiswa, seperti yang kualami saat ini. 
 So, if u're looking easy book to read, telling 'bout something work world after graduated, i think, this is one of book that you're wanted. 

Happy Reading :)

2 komentar:

  1. Baru tw klo ad buku sheva yg baru... Aq sudah baca buku sheva yg Blue Romance. En memang bgs bgt. Aq suka tulisannya... Jadi penasaran sm buku 17.17 ��

    BalasHapus

Member of Stiletto Book Club

Komunitas Blogger Makassar

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri

Member of Warung Blogger

Warung Blogger

Member of Blogger Perempuan

Member Hijab Blogger

Free "Care" Day

Free "Care" Day