[GIVEAWAY] SEMANGKUK LIDAH

"Tak ada kepergian yang membuat dada ini tenang.
Kesunyian yang kuharap hening,
ingatan-ingatan yang paling kecewa.
Engkau jadi masa lalu
yang tak mudah terhapus.
Harus kuakui lincah jemarimu
membuatku kangen racikan masakanmu
atau banyak hasil rajutanmu berbentuk dadu
yang ternyata itu adalah hitung-hitungan kebersamaan
............................................." hal. 3




----------GIVEAWAY TIME----------

Yeay! Alhamdulillah akhirnya tiba juga first giveaway buku "Semangkuk Lidah" yang merupakan kumpulan puisi-puisi karya Al-Fian Dippahatang di blogku yah readers. Buku yang ditulis oleh penulis muda asal Makassar ini, sangat unik. Selain dari covernya yang menarik, tentu saja puisi-puisi dalam buku "Semangkuk Lidah" memiliki ciri khas tersendiri.
 
Kali ini, aku sengaja nggak review bukunya, biar readers penasaran aja dulu. hehehe
Nah readers penasaran ingin mencicipi puisi-puisi dalalm buku "Semangkuk Lidah"?
Yuk ikutan Giveawaynya, akan ada dua orang pemenang untuk dua orang dengan jawaban terbaik. Etss, buku yang akan readers dapatkan langsung dari penulisnya loh. So, dont miss it!!

Ikuti persyaratannya yah



  1. Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia.
  2. Follow akun twitter @PrinceesAsuna @Pentilmerah 
  3. Add facebook Al-Fian Dippahatang  dan Ainhy Edelweiss  (jika nggak punya akun    twitter/boleh keduanya)
  4. Share info Giveaway  ini di facebook atau twitter (wajib/pilih salah satunya) dengan mention @princeesAsuna dan @pentilmerah (mention akun fb jika share melalui fb) dan tagar #SemangkukLidah dan tag min. 1 orang temanmu
  5. Follow blog ini, bisa via GFC (Google Friend Connect)/G+ (jika punya akun blog)
  6. Tinggalkan komentar di Tanya Penulis: Al-Fian Dippahatang
  7. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter/facebook, link share (gk wajib), kota tempat tinggal dan jawabanmu.

1. Apa arti puisi bagi kamu?
2. Mengapa kamu menginginkan buku ini?

Giveaway ini berlangsung tanggal 08 Oktober dimulai hari ini sampai tanggal 16 Oktober pukul 23.59 WITA. Pemilihan pemenang berdasarkan jawaban terbaik yah readers bukan random. So, berikan jawaban terbaikmu di komentar yah :)

Semoga beruntung !!!


----------UPDATE PEMENANG GIVEAWAY----------

Terima kasih kepada teman-teman yang sudah berpartisipasi dalam giveaway buku Semangkuk Lidah karya kak Al-Fian Dippahatang. Berat sih rasanya memilih dua pemenang, semua jawaban teman-teman keren-keren. Begitu puisi memiliki arti tersendiri kepada setiap orang. But, penulis sudah memilih 2 orang pemenang yang beruntung dengan jawaban terbaik. Bagi teman-teman yang belum terpilih, jangan kecewa yah. Masih ada giveaway selanjutnya. Oiya bagi teman-teman yang mau memiliki buku ini, bisa menghubungi saya di twitter @PrinceesAsuna untuk pemesanan buku, teman-teman juga bisa menghubungi penulisnya loh, mesen bukunya langsung, sharing, dan yap kepoin juga gpp. hehehe 

Ets langsung aja yah, pemenangnya adalah......

jreng.. jreng... jreng... 

Selamat kepada @justikal dan @rahmaa_chan  

Yeay! Congratulation :) Wakru konfirmasi 2x24 jam lewat dari itu setelah pengumuman, pemenang dinyatakan gugur,  silahkan DM nama, alamat lengkap, dan no.hp di twitter @PrinceesAsuna, ditunngu yah :)


(gambar: foto di atas adalah makanan khas Makassar, yaitu Coto yang menjadi inspirasi penulis dalam membuat puisi-puisi di buku Semangkuk Lidah)

Thankyu :)  

34 komentar:

  1. Nama : djoenie baroen
    Twitter : @barouen
    Link Share : https://twitter.com/Barouen/status/784581985742286851
    Kota : Palembang
    Jawaban>
    1. Puisi bagi saya memiliki keindahan tersendiri, dengan segala macam keunikannya. Melalui puisi ungkapan ide terasa lbh hidup dan bermakna.
    2. Semangkuk Lidah, membuatku penasaran. Ada apa dengan Judulnya. Sesuatu yang mengusik pikiranku untuk memiliknya. Selain itu, memang saya penyuka puisi.

    BalasHapus
  2. Nama:Rosa Claudia Rosidi
    Twitter : @RosaClaudia_R
    Link share : https://twitter.com/RosaClaudia_R/status/784626039729381377
    Jawaban :
    1. Puisi bagi ku adalah rangkaian kata kata yang tersusun indah. Kata kata yang penuh makna dibalik ungkapan yang tersimpan di dalamnya. Rangkaian kata-kata yang tersusun dengan rapinya. kita coba memahami, menerka-nerka di balik maksud yang ingin disampaikan.
    2. Dari judulnya saja sudah menarik "Semangkuk Lidah" apakah isi dari buku itu sesuai dengan bayangan di pikiran saya (?) 😃 Jadi, dari judulnya saja sudah menarik saya untuk membacanya. Bahkan tidak di kasih sedikit pun review nya. Menambah tingkat penasaran saya!

    BalasHapus
  3. Rahma Nurul Khotimah | @rahmaa_chan | https://twitter.com/rahmaa_chan/status/784666812470267904 | Palembang

    1. Bagi saya, Puisi adalah media yang tepat apabila saya tidak lagi mampu mengungkapkan perasaan saya dengan kata-kata gamblang. Puisi, karya sastra yang tidak memerlukan kalimat-kalimat panjang layaknya novel, namun memiliki makna tak kalah indah yang tersirat di dalamnya.
    2. Jujur saja, begitu tamat SMA dan memasuki kehidupan kuliah yang jauh dari sastra membuat saya jarang sekali membaca-baca buku kumpulan puisi. Dan begitu membaca penggalan puisi di atas, saya pikir, "Wah, indah sekali tatanan katanya." Buku kumpulan puisi ini mengangkat satu tema utama, yaitu mengenai kuliner khas Makassar, bukan? Well, selain saya tidak tahu apa itu coto, saya pikir akan sangat menyenangkan sekali membaca buku ini sembari mendapatkan pengetahuan-pengetahuan umum tentang kuliner kota Makassar.

    Terima kasih atas kesempatan giveaway-nya Kak Princess Asuna ^^ dan Sukses terus untuk Kak Al-Fian :)

    BalasHapus
  4. kenapa ya puisi juga sering digunakan oleh mereka yang sedang mengalami perasaan yang tidak normal, seperti patah hatim galau atau utus cinta?
    terima kasih

    BalasHapus
  5. Salah satu jawabannya ad dlm buku "semangkuk Lidah" :) oiya klu mw ikut GAnya silahkan ikuti persyatannya yah, sertakan akun twitter dn jwbnnya :)

    BalasHapus
  6. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/784732626015784960

    Puisi bagi sya adalah ucapan yg ingin disampaikan oleh seorang pujangga dgn kalimat2 yg indah dan menyentuh hati. Dengan puisi, rasa cinta, sedih, luka, derita, patah hati, marah dan benci bisa merubah simpati mnjadi empati, menancap ke dasar hati, sehingga kita bisa merasakan apa yg ingin penulis sampaikan.
    Dan kenapa saya ingin buku ini karena saya mencintai puisi sama seperti saya mencintai segala fenomena ciptaan Tuhan di dunia ini. Melalui buku kak Fian ini saya berharap bisa diajak berpuitis ria tentang kuliner yg bukan cuma bisa dinikmati dilidah, namun juga di hati. Agar rasa syukur saya trhadap makanan yg diberian Tuhan bisa brtambah lagi.
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/784732626015784960

    Puisi bagi sya adalah ucapan yg ingin disampaikan oleh seorang pujangga dgn kalimat2 yg indah dan menyentuh hati. Dengan puisi, rasa cinta, sedih, luka, derita, patah hati, marah dan benci bisa merubah simpati mnjadi empati, menancap ke dasar hati, sehingga kita bisa merasakan apa yg ingin penulis sampaikan.
    Dan kenapa saya ingin buku ini karena saya mencintai puisi sama seperti saya mencintai segala fenomena ciptaan Tuhan di dunia ini. Melalui buku kak Fian ini saya berharap bisa diajak berpuitis ria tentang kuliner yg bukan cuma bisa dinikmati dilidah, namun juga di hati. Agar rasa syukur saya trhadap makanan yg diberian Tuhan bisa brtambah lagi.
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Rinita ~ @Rinitavyy ~ https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/784782529165266945?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C4944383037

    1. Apa arti puisi bagi kamu?
    2. Mengapa kamu menginginkan buku ini?

    Jawabanku:
    1. Puisi itu bagaikan untaian kata penuh kias, yg tiap baitnya mengajarkan sesuatu bagi manusia. tiap pemilihan diksinya bisa bermanfaat untuk manuaia menjalankan kehidupan sehari-hari, termasuk aku sbg manusia tsb.

    2. Mungkin krn judulnya unik, dn semoga baitnya juga unik. alasan lain karena aku penasaran dn ingin membaca puisi tsb.

    BalasHapus
  9. Nama: Mukhsin
    Twitter: @mukhsinpro
    Domisili: Makassar
    Link share: Lihat Tweet @mukhsinpro:https://twitter.com/mukhsinpro/status/784807554945691648?s=09

    1. Puisi bagi saya adalah sebuah keajaiban. Karena di dalam puisi terdapat berbagai perasaan yang dikemas dalam sebuah kata yang begitu rumit. Jeda antara senang, duka, cinta, dendam dan perasaan-perasaan lainnya begitu dekat.

    2. Semangkuk Lidah? Dari judulnya saja sudah bikin penasaran. Satu hal juga kenapa saya ingin memiliki buku ini, kaarena penulisnya masih satu daerah demgan saya, Makassar. Dan itu bikin saya tambah penasaran.

    BalasHapus
  10. Nama: Widi Ardiani Barokah
    Link Share: https://mobile.twitter.com/barokah_widi/status/784888317577924609?p=v
    Twitter: @barokah_widi
    Domisili: Tasikmalaya

    Jawaban:
    1. Arti Puisi buat saya adalah sarana yang bisa dijadikan tempat curhat, luapan isi hati yang dituangkan dalam kata yang lebih sempit, tapi memiliki arti yang mendalam. Puisi itu deretan kata yang yang kadang-kadang sulit ditebak, tapi sangat menarik untuk bisa ditebak sampai arti sesungguhnya didapat.
    2. Saya menginginkan buku Semangkuk Lidah ini karena bayangan saya buku ini banyak puisi yang menginspirasi. Saya seorang yang haus akan inspirasi. Selalu ingin mendapat inspirasi di setiap hari. Dan barangkali di dalam buku ini banyak kata-kata yang menginspirasi. Khususnya untuk hidup saya 😊

    BalasHapus
  11. Nama: Hani Kartika Sari
    Twitter: @haniktsr
    Link share: https://twitter.com/haniktsr/status/784800056868155392
    Kota: Sragen, Jawa Tengah

    1. Arti puisi bagiku adalah wujud penyampain dengan permainan kata-kata yang tersusun dengan emosional apik membentuk suatu makna tertentu, bisa berupa isi hati, rasa kagum, atau ungkapan lainnya.

    2. Aku menginginkan buku ini karena aku membutuhkan beberapa referensi dalam menulis karya sastra, terutama puisi. Sedikit sharing, aku duduk di bangku SMA, dan disekolah aku bergabung dalam organisasi majalah sekolah, aku mendapat divisi bagian sastra. Padahal karya sastra yang aku suka hanya cerpen, novel, yang pokoknya berbau imajinasi dan beralur. Aku masih kurang dalam memainkan majas setingkat puisi, padahal divisi sastra seharusnya bisa menguasai mayoritas karya sastra, puisi menurut pandangan teman-temanku lebih mudah dibanding menulis cerpen, aku sedikit malu akan hal itu, aku merasa gagal karena temanku yang merasa biasa terhadap sastra malah lihai dalam menulis puisi. Walaupun setiap majalah terbit tidak selalu menampilkan puisi, tapi aku ingin belajar, aku bertekad berlatih menulis puisi. Maka dari itu, aku rasa buku kumpulan puisi kak Fian ini cocok untukku, judulnya yang unik juga isinya yang pasti tak kalah unik akan sangat menyenangkan untuk dimiliki, dan aku membutuhkannya bukan sekedar untuk baca-baca, melainkan sekaligus belajar.

    BalasHapus
  12. nama : Widya Pertiwi
    twitter : @widyasuharman
    link share : https://twitter.com/widyasuharman/status/784963216245858306
    kota : Bandung

    Jawaban
    1. arti puisi menurut saya adalah media penyampaian gagasan melalui diksi, sehingga penyampaiannya lebih sarat makna, lebih memainkan perasaan, karena bisa disampaikan dengan cara yang halus hingga paling sarkas sekaligus.

    2. Saya menginginkan buku ini karena melihat latar belakang umur penulis yang masih muda, sehingga menurut saya melalui buku Semangkuk Lidah akan banyak ide-ide khas 'anak muda' yang baru dan segar. Apalagi dengan judul dan inspirasi yang berasal dari makanan, menurut saya unik dan masih jarang ditemui dalam karya sastra yang sudah banyak beredar. Saya harap dengan membaca buku ini, saya mendapat banyak inspirasi baru dalam menulis juga pelajaran yang bisa saya ambil dalam menjalani kehidupan.

    BalasHapus
  13. Nama : Rizky Tria O
    Akun twitter : @Octannow_
    link share : https://mobile.twitter.com/Octannow_/status/784992048768102400?p=v
    kota : Brebes, Jw Tengah
    1. Puisi itu perantara. Puisi itu cara terbaik melukiskan sebuah rasa dengan bait-bait yang indah ketika mulut mulai lelah mengoceh.
    Kata-kata yang disusun, seperti menjadikannya satu-satunya yang melekat di tubuh. Puisi itu cara lain mencintai seseorang meski ia tidak membacanya, dan juga mencintai hal apasaja.
    2. Kenapa mau? Iya, dari judulnya sja unik "Semangkuk Lidah". Pas baca reviewnya, kak Fian terinspirasi dari kuliner. Wah, makin penasaran dongyah kuliner dijadikan bait-bait puisi yang indah. Selama ini baca puisi hanya dengan tema "cinta" kan. Buku ini nunjukin kalo sastra itu luas, inspirasinya bisa dari mana saja. Mau lah baca puisi karya kak Fian itu. Ohya, apalagi kak Fian masih muda. Duh pasti bait demi bait nya gampang dipahami. Ah, sayangnya direviewnya gada bocoran isi bukunya. Makin penasaran aku :3

    BalasHapus
  14. Nama: gecci dwi
    Fb: gecci dwi prasetyo
    Kota : bogor

    Jawaban:
    1. Puisi adalah diriku yg menjelma sebagai kata-kata, puisi itu bisa membahasakan apa yg tidak dapat aku katakan perihal apa saja (suka duka, cinta kasih sayang, benda, alam, makanan, keadaan, dan teman"nya) dengan bahasa yg suka" asal tidak menyalahi aturan.
    2. Kenapa ingin buku ini, karena aku penasaran dengan buku ini. Bagaimana kuliner disampaikan dengan bahasa dan gaya indah puisi. Ide yg sangat menarik. Aku ingin menyelam didalam kata-kata kak fian di semangkuk lidah ini

    BalasHapus
  15. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Gorontalo

    1. Menurutku puisi adalah ungkapan hati dan luapan perasaan yang disampaikan dengan irama yang berbeda, dengan cara yang tak biasa. Jika biasanya orang berbicara secara gamblang, maka dalam puisi hal itu seolah tersamarkan dan disembunyikan oleh keindahan, ketegasan bahkan kerapuhan kata-kata yang terkandung di dalamnya. Puisi tidak hanya diperuntukkan bagi si penulis tapi berlaku bagi semua si perasa. Puisi bisa menjadi cara untuk berbagi sekaligus obat untuk mengobati di saat yang bersamaan.
    2. Kenapa aku menginginkan buku ini? Judulnya unik. Semangkuk lidah. Seperti yang kita tahu, lidah adalah alat paling tajam yang pernah ada. Di balik kelembutan dan kelenturannya kita bisa saja terluka yang kadang tak dapat ditemukan obatnya. Buku ini menawarkan semangkuk lidah. Aku penasaran hal apa yang ada di balik lidah lidah tersebut sehingga pesonanha diyakini bisa menarik orang untuk memilikiya? Setelah aku baca tanya penulisnya, aku malah makin penasaran karena ternyata memuat tentang kuliner khas makassar yang digunakan sebagai perumpamaan. Aku mau tahu apa semangkuk lidah yang ini sama enaknya dgn apa yang ditawarkan kuliner khas Makassar?

    BalasHapus
  16. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Gorontalo

    1. Menurutku puisi adalah ungkapan hati dan luapan perasaan yang disampaikan dengan irama yang berbeda, dengan cara yang tak biasa. Jika biasanya orang berbicara secara gamblang, maka dalam puisi hal itu seolah tersamarkan dan disembunyikan oleh keindahan, ketegasan bahkan kerapuhan kata-kata yang terkandung di dalamnya. Puisi tidak hanya diperuntukkan bagi si penulis tapi berlaku bagi semua si perasa. Puisi bisa menjadi cara untuk berbagi sekaligus obat untuk mengobati di saat yang bersamaan.
    2. Kenapa aku menginginkan buku ini? Judulnya unik. Semangkuk lidah. Seperti yang kita tahu, lidah adalah alat paling tajam yang pernah ada. Di balik kelembutan dan kelenturannya kita bisa saja terluka yang kadang tak dapat ditemukan obatnya. Buku ini menawarkan semangkuk lidah. Aku penasaran hal apa yang ada di balik lidah lidah tersebut sehingga pesonanha diyakini bisa menarik orang untuk memilikiya? Setelah aku baca tanya penulisnya, aku malah makin penasaran karena ternyata memuat tentang kuliner khas makassar yang digunakan sebagai perumpamaan. Aku mau tahu apa semangkuk lidah yang ini sama enaknya dgn apa yang ditawarkan kuliner khas Makassar?

    BalasHapus
  17. Nama: A'imatul latifah
    Twitter: @Aim_La27
    Kota: Tuban
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/785427426301972480?p=v
    Jawaban:
    1. Menurut Aku puisi ada banyak makna ya. Seperti kak Fian yang mengertikan puisi secara dalam. Menurut aku puisi adalah kumpulan huruf yang di susun menjadi sebuah kata yang saling berhubungan sehingga menimbulkan maksud dan makna yang sangat dalam . Puisi cenderung singkat tapi mengandung efek indah dan menyentuh hati karna biasanya puisi selalu di buat dengan hati.

    2. Pengen banget baca novel Semangkuk Lidah. Covernya unik ya. Penasaran juga dengan isi novel semangkuk lidah yang ternyata bertema makanan dan di sampaikan dalam bentuk puisi. Menarik ya kalau bisa membaca novelnya. Pasti akan tenggelam bareng puisi-puisi kak Fian.

    BalasHapus
  18. Nama : Jawahirul Arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Domisili : Kudus - Jawa Tengah
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/785739387313106945

    Jawaban :
    1. Puisi itu merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan jiwa seseorang. Sebagai sumber kreativitas untuk mencurahkan isi hati dan berharap seseorang yg membaca akan ikut dalam suasana isi puisi.

    2. Kenapa pingin punya buku ini ? Karena dr judulnya Semangkuk Lidah yg menurutku berisi kumpulan lidah lidah alias kata kata yang digabungkan dalam semangkuk alias dibukukan. Jadi, aku penasaran sama puisi modern apa aja yg ada di dalamnya ? Terus bedanya puisi modern sama puisi lama apa aja ya ? .
    Sekian, terima kasih.

    BalasHapus
  19. Nama : Jauharotun Nihayati
    Twitter : @JNihayati
    Domisili : pati jawa tengah
    Link share https://twitter.com/JNihayati/status/785811945504935936


    My answers...
    1. Setiap orang menyukai hal yg indah. Dan bagiku puisi adalah bagian dari keindahan. Keindahan yg tertuang dr hati.
    Setiap kata yg tertera memiliki rasa. Rasa yg bahkan jika di ungkapkan dg lidah tak akan semenarik bila di torehkan diatas kertas, dg berbagai sajak penuh maknanya yg indah.

    Bagiku Puisi adalah bagian dr jiwa. Jiwa yg tak semua bisa merasakan, jiwa yg tak semua bisa mengerti, jiwa yg tak semua bisa mendengar jeritannya, dan jiwa yg tak semua hati dapat tergesir dalam makna kata saat membacanya.
    Namun tetap, Puisi adalah keindahan.


    2.Aku pecinta sekaligus pembaca puisi. Senang sekali rasanya melihat GA ini.
    Penasaran apa yg terdapat pada novel ini. Dari judulnya sudah sangat menarik #SemangkukLidah. Bayanganku mengiang kemana-mana. Membayangkan berbagai kalimat indah yg ada didalamnya. Berbagai rasa kalimat yg ada dalam semangkuk lidahnya, apakah mungkin lidah itu memiliki rasa yg manis, pahit, atau bahkan hambar?
    Pertanyaan itulah yg menghiasi kepalaku saat ini.
    Penasaran sekali dengan isi bukunya. Pengen banget dapet novelnya. 😊

    Salam pecinta kalimat indah 😙😙😙
    Terimakasih 😊



    BalasHapus
  20. Nama : Mohamad Rifandi Harun (ikal harun)
    id twitter : @justikal
    Link Share : https://twitter.com/justikal/status/785929530061881344
    Domisili : Kota Gorontalo- Provinsi Gorontalo

    1. Apa arti puisi bagi kamu?
    - bagi saya puisi adalah kejujuran, dimana disanalah kita sematkan segala hal tanpa batasan. tanpe peduli orang bisa terima atau tidak. karena hal yang terpenting dalam puisi kita berhasil membuatnya dan lega dalam menyampaikannya.

    2. Mengapa kamu menginginkan buku ini?
    - Baru dari judulnya saja buku ini sangat berkelas, karena berusaha menyamarkan maksud dari isi buku dan memancing rasa penasaran dari seluruh pembaca. dan juga buku ini akan menjadi sangat berharga bagi saya mengingat saya tengah dalam riset untuk mengumpulkan referensi untuk meyusun buku yang serupa. dan hemat saya buku ini menjadi awal yang tepat untuk memulai pencarian referensi saya karena daya jualnya yang unik dan berkelas.
    terima kasih :)

    BalasHapus
  21. Nama: Asep Nanang
    Twitter: @asepnanang59
    Link share: https://twitter.com/asepnanang59/status/785986741769412609
    Domisili: Jambi

    Puisi adalah usaha menelanjangi hati yang terluka dan kesepian, serta upaya untuk menutupi keangkuhan dan kekayaan hati yang dimiliki melalui rangkaian kata penuh makna.

    Karena saya sangat suka membaca dan menulis puisi. Bagi saya menulis puisi adalah cara yang paling tepat untuk mengungkapkan apa yang saya rasa. Saya berharap bisa membaca puisi bagus dari buku antologi puisi "Semangkuk lidah"
    Aamiin...

    BalasHapus
  22. Nama : Syifa Fauziah
    Twitter : @fasyifauzia
    Link share : https://twitter.com/fasyifauzia/status/786101839947325440
    Domisili : Bandung

    1. Puisi adalah "sedikit" yang "banyak" makna. Orang boleh saja terbata-bata, berbusa-busa mengungkapkan isi hati dan kepalanya. Tapi lewat puisi, dengan satu kata, satu baris atau satu bait saja, ia sudah bisa banyak bercerita.

    2. Saya ingin tahu apa yang ingin lidah-lidah dalam mangkuk itu katakan. Apakah mereka hendak membacakan saya puisi?

    BalasHapus
  23. Nama : Meli Rahmadani
    Facebook : Meli Rahmadani
    Link share : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1802782129964484&id=100006981424270
    Domisili : Pasaman Barat, Sumatera Barat

    1. Bagi saya puisi itu identik dengan jiwa si penulisnya. Biasanya suatu perasaan itu dapat dengan luwes tertuang pada ruang puisi dalam rasa apapun. Puisi itu bukan hanyalah kata-kata indah tetapi juga sebuah renungan panjang seorang penulis.

    2. Jujur, saya sangat penasaran pada buku ini. Judulnya mampu membuat imaji saya menjadi liar mencari maksud dari penulis buku tersebut. Semangkuk Lidah, Hmm, itu benar-benar membuat saya ingin mengenal buku itu secara dalam, nyatanya rasa penasaran saya kini semakin besar akan buku berjudul Semangkuk Lidah itu.

    BalasHapus
  24. Nama : Silvy Rianingrum
    Akun Twitter : @berryfledge
    Link Share : https://twitter.com/berryfledge/status/786177196758933504
    Domisili : Bekasi
    Jawaban :

    1. Puisi bagi aku adalah sebagai sarana menyampaikan isi hati, menyampaikan gundah-gulana dan berbagai macam permasalah. Bagiku, puisi adalah yang menyegarkan jiwaku dan obat dari stres. Puisi adalah cara indah untuk mengungkapkan sesuatu, kadang sederhana namun penuh makna.

    2. Alasan aku mau buku ini? Hihi jelas mau atuh. Karena buku ini sangat unik, melibatkan kuliner didalamnya, tapi engga lepas dari perihal percintaan, hanya saja engga menonjol, begitu kan ka? Selain unik, aku juga tertarik dengan judulnya dan aku pengin banget punya buku ini sebagai sarana pembelajaran aku tentang puisi, diksi dan majasnya, dll, sekaligus sebagai pendorongku untuk lebih mengembangkan kemampuan dalam menulis puisi hehe^^

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Nama : Erni Indrawati
    Nama Akun Twitter : @Erniindrawati_
    Share link : https://twitter.com/ErniIndrawati_/status/786468031253782528
    Domisili : Trenggalek, jawa Timur
    1410391306240

    1. Puisi itu adalah retorika yang mencerminkan keindahan imajinasi seseorang. Puisi itu tak perlu punya aturan logika, biarkan dia tetap mengandung makna misterius, agar semua orang tahu bahwa di dalam untaian kata-kata itu, ada arti yang sangat dahsyat kalaU kita mengerti.

    2. Alasan kenapa saya ingin puisi ini dari judulnya #SemangkukLidah membuat saya penasaran dengan puisi yang ada di dalamnya. Saya benar-benar ingin menginginkan buku ini sebagai imajinasi tentang puisi,dan membantu saya untuk membuat puisi yang lebih menarik

    BalasHapus
  29. nama : afifah khoiriyah
    akun twitter/facebook : @Afifah_1412
    link share (gk wajib):https://twitter.com/Afifah_1412/status/787326949282631680
    kota tempat tinggal : Yogyakarta

    Apa arti puisi bagi kamu?
    Puisi itu suara jiwa manusia. Ia yg prihatin, ia yang bahagia, ia yag sedihia yg simpati, ia yg yg merenungi.semua bisa ditulis,didengar, dibaca, dan terucap lewat puisi. Puisi bisa jadi makanan ya lezat, bisa jadi tombak yg tajam, bisa jadi doa yang diharap, bisa jadi musik yg merdu, bisa jadi pengingat yg lalai, dan bisa jadi pembunuh yg mengerikan. Puisi hanya hidup pada mereka yg menyayanginya dan mau belajar memahaminya. Bagiku puisi adalah bagian hidupku dan sangat berharga bagiku.

    Mengapa kamu menginginkan buku ini?
    Seperti kataku, puisi adalah jiwa manusia. Maka dari buku ini aku ingin tahu jiwa si penulis. Kira2 dia sedang merasakan apa. Buku ini menarik utk dipelajari krna saya bagian dari manusia ya mungkin ada di buku itu. Judul semangkuk lidah adalah penuh multitafsir bagi orang sastra. Dan aku ingin mencoba rasanya. Lezat atau mengerikan? Apa arti puisi bagi kamu?
    2. Mengapa kamu menginginkan buku ini?

    BalasHapus
  30. nama : afifah khoiriyah
    akun twitter/facebook : @Afifah_1412
    link share (gk wajib):https://twitter.com/Afifah_1412/status/787326949282631680
    kota tempat tinggal : Yogyakarta

    Apa arti puisi bagi kamu?
    Puisi itu suara jiwa manusia. Ia yg prihatin, ia yang bahagia, ia yag sedihia yg simpati, ia yg yg merenungi.semua bisa ditulis,didengar, dibaca, dan terucap lewat puisi. Puisi bisa jadi makanan ya lezat, bisa jadi tombak yg tajam, bisa jadi doa yang diharap, bisa jadi musik yg merdu, bisa jadi pengingat yg lalai, dan bisa jadi pembunuh yg mengerikan. Puisi hanya hidup pada mereka yg menyayanginya dan mau belajar memahaminya. Bagiku puisi adalah bagian hidupku dan sangat berharga bagiku.

    Mengapa kamu menginginkan buku ini?
    Seperti kataku, puisi adalah jiwa manusia. Maka dari buku ini aku ingin tahu jiwa si penulis. Kira2 dia sedang merasakan apa. Buku ini menarik utk dipelajari krna saya bagian dari manusia ya mungkin ada di buku itu. Judul semangkuk lidah adalah penuh multitafsir bagi orang sastra. Dan aku ingin mencoba rasanya. Lezat atau mengerikan?

    BalasHapus
  31. Nama :vadia rahman salsabila
    twitter : @vadiamendes98
    link : https://twitter.com/Vadiamendes98/status/785898433106194432

    Bismillah, Ya Allah kali-kali dapetin buku Puisi yang unik kek gini T.T

    1. Puisi bagi aku adalah sebuah rangkaian kata yang membentuk kalimat yang indah, lalu kalimat yang indah itu terangkai kembali dalam bait-bait penuh makna.
    2. Alasannya, karena judul dan covernya unik, agak horor juga sih ya:'v tapi pasti di dalamnya banyak banget kata-kata yang indah, manis dan penuh tulisan yang telah dituangkan perasaan sang penulis.
    Dan buku ini bisa juga jadi bahan pembelajaran aku bagaimana cara merangkai kata dan kalimat jadi bait puisi yang cantik, indah dan penuh makna.
    Karena aku juga penggila buku, ingin mewujudkan impian aku punya banyak referensi buku dari berbagai jenis. Selain itu, keinginan aku untuk menjadi penulis sangat kuat, sehingga aku perlu belajar puisi untuk menghiasi cerita-cerita fiksi aku nantinya, agar isi cerita aku penuh warna:'v

    BalasHapus
  32. Nama: Anissa el-Qowiyyu
    Facebook: Anissa el-Qowiyyu
    Kota Asal: Samarinda, Kalimantan Timur
    Link Share: https://www.facebook.com/anissa.elqowiyyu/posts/1381475785213670

    Puisi bagi saya adalah serumpun kata penuh keomongkosongan. Semangkuk alasan klise orang-orang yang patah hatinya. Sekeranjang sampah yang orang lain tidak peduli isinya. Hanya saja, banyak orang-orang yang mencari kata apa yang pantas untuk mewakili diri mereka agar terlihat nyata. Bahwa, "INI, LHO, AKU!". Dan pada akhirnya, saya dan kalian, para penyair di luar sana, dengan senang hati mengisi tong kosong agar lebih berbunyi dengan rima, melahap habis mangkuk dan isinya lalu menjadi energi dengan bait-bait, memungut dan menjadi pemulung dalam lembaran masa lalu yang akan dirajut agar abadi selalu.

    Ya, saya sangat menginginkan buku ini karena sosok Al-Fian Dippahatang muncul dalam beranda Facebook saya sebagai penyair yang karyanya ingin saya rendam di dalam air dan meminumnya dengan sekali tenggak. Ini soal ilmu, teman! Dan "Semangkuk Lidah" ini akan menjadi ilmu diantara jutaan ilmu di rak buku saya. Saya ingin berada di posisi Al-Fian Dippahatang suatu hari nanti. Akan ada buku-buku baru dengan nama saya di sampulnya. Dan setiap lisan yang keluar dari mulut saya, "Penyair dari Makassar adalah favorit saya."

    BalasHapus
  33. Nama ; Yohana
    t; @MrsSiallagan
    Link Share : https://twitter.com/MrsSiallagan/status/787590384603979780
    1. Puisi itu adalah sesuatu yang memiliki makna tersirat dan memiliki makana yang cukup mendalam. saya adalah salah satu pecinta puisi dan juga penggemar puisi. Menurut saya puisi adalah keindahan kata yang terbentuk imaginasi tinggi sehingga sarat akan makna dan intuisi tinggi.
    2. Kenapa saya menginginkan buku semangkuk lidah? saya ingin membaca puisi dalam buku tersebut. Bukan sekedar membaca tetapi memahami kumpulan puisi tersebut. Saya ingin memberikan pandangan saya jika membaca puisi tersebut.

    BalasHapus

Member of Stiletto Book Club

Komunitas Blogger Makassar

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri

Member of Warung Blogger

Warung Blogger

Member of Blogger Perempuan

Member Hijab Blogger

Free "Care" Day

Free "Care" Day